HP 3315: Modifikasi

Modifikasi

Mobil Balap Modifikasi : semakin maju zaman, keinginan kita juga nampaknya semakin maju juga nih. he..he… kalau dulu orang-orang sudah pada bangga jika sudah memiliki motor maupun mobil, kini kita belum begitu pede hanya dengan mobil bawaan pabrik. ngga ikut trend seperti mobil balap modifikasian, rasanya kurang percaya diri dengan mobilnya. padahal untuk biaya modifikasi mobil bukan butuh biaya sedikit. hmmm… Seperti yang dilakukan oleh Sandi Pranata yang memodifikasi Honda Genio lansiran tahun 1992 menjadi sebuah mobil listrik. tahu berapa biaya yang dikeluarkannya? Rp 1,2 miliar. he..he… Akhirnya pilihan Sandi pun jatuh pada sebuah motor listrik tipe 3-Phase AC

Induction Motor yang mampu memuntahkan tenaga hingga 52 hp dengan torsi maksimum mencapai 156 Nm.
Untuk waktu pengisian baterainya hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam saja. Setelah itu, SKEV1 pun bisa diajak jalan-jalan dengan jangkauan jelajah hingga 160 km. bahkan kaca spionnya saja sudah pakai kamera. Karena itulah tidak heran bila mobil milik Sandi ini berhasil memenangkan kontes modifikasi Autoblackthrough dan memboyong berbagai piala dan uang tunai hingga Rp 242 jutaan.
Tapi untuk teman-teman yang mau modifikasi mobil hemat, berikut ada beberapa trik :
Langkah awal, bongkar head lamp dari tempatnya. Lalu, pisahkan tutup lampu, reflektor, dan lampu.
Bongkar velg Mobil Balap. Tapi, piringan dan master brake tak perlu dilepas keseluruhan. Cukup bungkus dengan sesuatu agar tak kena cipratan cat.
Modifikasi Mobil Balap atau bergaya balap biasanya ditandai sistem aerodinamika yang bagus. Di antaranya, menghiasi bodi mobil dengan splitter atau pemecah angin. Tempatnya, di bemper atau side skirt.
 



foto kontes modifikasi
SURABAYA, 16/4 - KONTES MODIFIKASI. Seorang perempuan mencoba naik mobil modifikasi saat dipamerka di Pakuwon Surabaya, Jumat (16/4). Pameran modifikasi mobil bertajuk Clamild Accelera Auto Contest 2010 tersebut, diikuti 176 mobil dimodifikasi dari sekitar 23 komunitas mobil modifikasi se Indonesia. FOTO ANTARA/Eric Ireng/ed/pd/10


Mesin

http://www.khulsey.com/acura_int_engine.jpeg
Mesin Bensin

Mesin bensin atau mesin Otto dari Nikolaus Otto adalah sebuah tipe mesin pembakaran dalam yang sering digunakan dalam mobil, pesawat, atau alat lainnya seperti mesin pemotong rumput atau motor, dan motor outboard untuk kapal.

Tipe paling umum dari mesin ini adalah mesin pembakaran dalam putaran empat stroke yang membakar bensin. Pembakaran dimulai oleh sistem ignisi yang membakaran spark voltase tinggi melalui busi. Tipe mesin putaran dua stroke sering digunakan untuk aplikasi yang lebih kecil, ringan dan murah, tetapi efisiensi bahan bakarnya tidak baik.

Mesin wankel dapat juga menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya.

Satu komponen dalam mesin lama adalah karburator, yang mencampur bensin dengan udara. Di mesin yang lebih baru karburator diganti dengan injeksi bahan bakar.


Mesin Diesel

http://lh3.ggpht.com/sugeng.widodo/SAQhYCIyozI/AAAAAAAAAVE/ScM8s_0tJ-g/s400/mixedfuel.jpg
Mesin diesel adalah sejenis mesin pembakaran dalam; lebih spesifik lagi, sebuah mesin pemicu kompresi, dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain (seperti busi).

Mesin ini ditemukan pada tahun 1892 oleh Rudolf Diesel, yang menerima paten pada 23 Februari 1893. Diesel menginginkan sebuah mesin untuk dapat digunakan dengan berbagai macam bahan bakar termasuk debu batu bara. Dia mempertunjukkannya pada Exposition Universelle (Pameran Dunia) tahun 1900 dengan menggunakan minyak kacang (lihat biodiesel). Kemudian diperbaiki dan disempurnakan oleh Charles F. Kettering.

Bagaimana mesin diesel bekerja


Ketika gas dikompresi, suhunya meningkat (seperti dinyatakan oleh Hukum Charles; mesin diesel menggunakan sifat ini untuk menyalakan bahan bakar. Udara disedot ke dalam silinder mesin diesel dan dikompresi oleh piston yang merapat, jauh lebih tinggi dari rasio kompresi dari mesin menggunakan busi. Pada saat piston memukul bagian paling atas, bahan bakar diesel dipompa ke ruang pembakaran dalam tekanan tinggi, melalui nozzle atomising, dicampur dengan udara panas yang bertekanan tinggi. Hasil pencampuran ini menyala dan membakar dengan cepat.

Ledakan tertutup ini menyebabkan gas dalam ruang pembakaran di atas mengembang, mendorong piston ke bawah dengan tenaga yang kuat dan menghasilkan tenaga dalam arah vertikal. Rod penghubung menyalurkan gerakan ini ke crankshaft yang dipaksa untuk berputar, menghantar tenaga berputar di ujung pengeluaran crankshaft.

Scavenging (mendorong muatan-gas yang habis terbakar keluar dari silinder, dan menarik udara segara kedalam) mesin dilaksanakan oleh ports atau valves. (Lihat direct injection vs indirect injection untuk tipe injeksi bahan bakar). Untuk menyadari kemampuan mesin diesel, penggunaan turbocharger untuk mengkompres udara yang disedot masuk sangat dibutuhkan; intercooler untuk mendinginkan udara yang disedot masuk setelah kompresi oleh turbocharger meningkatkan efisiensi.

Komponen penting dari mesin diesel adalah governor, yang membatasi kecepatan mesin mengontrol pengantaran bahan bakar. Mesin yang menggunakan pengontrolan elektronik canggih mencapai ini melalui elektronik kontrol modul (ECM) atau elektronik kontrol unit (ECU) - yang merupakan "komputer" dalam mesin. ECM/ECU menerima kecepatan signal mesin melalui sensor dan menggunakan algoritma dan mencari tabel kalibrasi yang disimpan dalam ECM/ECU, dia mengontrol jumlah bahan bakar dan waktu melalui aktuator elektronik atau hidrolik untuk mengatur kecepatan mesin.

Mesin diesel tidak dapat beroperasi pada saat silinder dingin. Beberapa mesin menggunakan pemanas elektronik kecil yang disebut busi menyala di dalam silinder untuk memanaskan silinder sebelum penyalaan mesin. Lainnya menggunakan pemanas "resistive grid" dalam "intake manifold" untuk menghangatkan udara masuk sampai mesin mencapai suhu operasi. Setelah mesin beroperasi pembakaran bahan bakar dalam silinder dengan efektif memanaskan mesin.

Dalam cuaca yang sangat dingin, bahan bakar diesel mengental dan meningkatkan viscositas dan membentuk kristal lilin atau gel. Ini dapat mempersulit pemompa bahan bakar untuk menyalurkan bahan bakar tersebut ke dalam silinder dalam waktu yang efektif, membuat penyalaan mesin dalam cuaca dingin menjadi sulit, meskipun peningkatan dalam bahn bakar diesel telah membuat kesulitan ini menjadi sangat jarang. Cara umum yang dipakai adalah untuk memanaskan penyaring bahan bakar dan jalur bahan bakar secara elektronik.


Tipe mesin diesel

Ada dua kelas mesin diesel: dua-stroke dan empat-stroke. banyak mesin diesel besar beroperasi dalam dua-stroke cycle. Mesin yang lebih kecil biasanya menggunakan empat-stroke cycle.

Biasanya kumpulan silinder digunakan dalam kelipatan dua, meskipun berapapun jumlah silinder dapat digunakan selama muatan di crankshaft di tolak-seimbangkan untuk mencegah getaran yang berlebihan. Inline-6 paling banyak diproduksi dalam mesin tugas-medium ke tugas-berat, meskipun V8 dan straight-4 juga banyak diproduksi.

Copyright © HP 3315 Urang-kurai